Mengenal Rak Minimarket Canggih yang Siap Mengubah Minimarket Masa Depan

Pernah membayangkan ada sebuah rak minimarket pintar yang futuristik? Jika Anda pernah membayangkannya, maka kini bayangan itu bukan lagi sekadar angan-angan. Dilansir dari halaman Forbes Online, di Amerika Serikat kini sedang dikembangkan teknologi rak minimarket pintar yang dikenal dengan istilah ‘Smart Shelf’.

Smart Shelf merupakan rak minimarket yang dilengkapi perangkat digital tertentu sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi interaktif, manajemen stok, dan sebagai tools riset pelanggan. Perangkat digital tersebut terdiri dari label elektronik, panel promosi, Sensor Pendeteksi (RFID), dan sensor Internet of Things (IoT). Lalu bagaimana masing-masing perangkat tersebut bekerja pada rak minimarket?

Label Elektronik

Jika Anda melihat sebagian besar rak minimarket hari ini, Anda akan melihat begitu mendominasinya label kertas dalam menampilkan harga dan diskon yang menonjol. Namun kini, dominasi itu sepertinya akan berakhir. Di masa depan, label elektronik akan menggantikan label kertas dan membuat tampilan harga di seluruh toko dapa berubah dalam hitungan menit saja. Label elektronik dapat menampilkan harga, iklan, data gizi, kupon, dan video. Bayangkan ketika pelanggan berdiri di depan layar susu dan langsung membandingkan informasi gizi di antara berbagai merek sambil mendapatkan kupon berkedip yang Anda scan dengan telepon Anda. Menarik bukan?

Personalisasi Promosi

Smart Shelf memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan aplikasi di smartphone pelanggan. Sebagai contoh, sensor yang dipasang di rak dapat mengetahui kapan pelanggan mendekatinya, sehingga mereka dapat menunjukkan promo pada barang yang sama dengan yang mereka beli minggu lalu. Selain itu, jika pelanggan menggunakan aplikasi minimarket untuk membuat daftar belanja, smart shelf dapat menunjukkan posisi barang yang dicatat di daftar belanja pelanggan. Semuanya akan tampil di layar yang terletak di bagian depan rak minimarket.

Sensor Pendeteksi (RFID)

Radio Frequency Identification Reader (RFID) merupakan perangkat sensor yang berisi microchip, reader, dan antena untuk mengirim dan menerima data. Sensor ini menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi item dan mengirimkan informasi tentangnya. Di minimarket, teknologi RFID dapat membantu distributor mengelola dan melacak inventaris. RFID dapat memberi sinyal ketika ketika rak minimarket kosong, atau ketika pengunjung meletakkan barang yang salah di rak. Tag RFID pada setiap item yang dikombinasikan dengan checkout robot dapat secara otomatis memindai pembelian pelanggan dan membuat belanja lebih cepat.

Sensor Internet of Things (IoT)

Sensor Internet of Things (IoT) memiliki banyak kegunaan potensial di minimarket, dan salah satu yang paling mendasar adalah kontrol suhu. Sensor IoT dapat memeriksa suhu dalam lemari es dan peti untuk memastikan mereka benar-benar dingin sebelum perubahan suhu melelehkan  stok es krim atau merusak stok daging. Internet of Things (IoT) juga dapat mengumpulkan data dari Smart Shelf dan mengirimkannya ke supplier untuk kepentingan analisis. Teknologi ini dapat membantu minimarket memahami produk mana yang menarik bagi konsumen dan dapat memengaruhi cara minimarket mengatur barang pada layar.

Dengan adanya inovasi rak minimarket pintar ini, setidaknya Anda bisa membayangkan bagaimana memanfaatkan teknologi ini menjadi senjata yang ampuh untuk menaikkan omzet supermarket Anda. Mumpung belum banyak yang tahu, Anda bisa selangkah lebih maju untuk menerapkannya di rak supermarket Anda!