Perbedaan Rak Supermarket VS Rak Minimarket

Rak Minimarket dan Rak Supermarket adalah rak toko ritel. Beberapa toko ritel diantaranya Supermarket dan minimarket merupakan toko ritel yang menjual barang kebutuhan sehari-hari dengan sama-sama menerapkan sistem penjualan swalayan. Dengan sistem penjualan tersebut mereka membutuhkan rak pajang barang dagangan yang dapat dengan mudah disusun dan diambil oleh konsumen tanpa meninggalkan nilai kerapihan dan keindahan toko.  Supermarket dan minimarket menggunakan rak pajang berbentuk rak gondola shelving dengan bahan metal (biasanya besi).

Apa yang membedakan rak gondola supermarket dan rak gondola pada minimarket??

Rak gondola shelving memiliki spesifikasi bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Terdapat berbagai ukuran dan ketebalan bahan. Perbedaan utama pada rak gondola untuk supermarket dan minimarket terletak pada bahan plat yang digunakan serta ukurannya. Mengingat jumlah konsumen yang lebih banyak dan dengan luasan yang lebih besar dibandingkan minimarket, supermarket membutuhkan rak dengan ukuran yang lebih besar pula, sehingga dapat pula menampung barang dagangan lebih banyak. Pada rak minimarket dengan cakupan wilayah yang tidak seluas supermarket, minimarket memiliki standart ukuran rak gondola yang tidak terlalu besar.

Pada desain yang digunakan, biasanya rak untuk supermarket lebih bervariasi karena mereka memiliki tempat yang lebih lapang dan lebih mengutamakan display yang unik untuk menarik pengunjung. Lain halnya dengan minimarket yang lebih mengutamakan penataan yang minimalis dengan ruang yang tidak terlalu luas.

Terdapat beberapa ciri khas pada rak gondola supermarket maupun minimarket, yaitu rak  supermarket biasanya dijumpai “pagar”berupa pembatas ram besi pada sisi depan papan shelving yang jarang ditemui pada rak minimarket. Selain itu, back mesh pada rak supermarket biasanya terbuat dari plat besi baik plain (tertutup penuh) maupun perforated (berlubang/berpori), tetapi pada rak minimarket, back mesh terbuat dari ram.

Rak-Minimarker-Rak-Supermarket-sentra-rak (back mesh pada supermarket)

rak-toko-kuat (back mesh ram pada minimarket)

Rak supermarket memiliki berbagai aksesoris yang berfungsi sebagai papan petunjuk / signage dan promosi, sedangkan rak minimarket tidak memiliki aksesoris yang bervariasi. Biasanya minimarket hanya memanfaatkan top cover gondola dan price holder untuk signage.

Lebih jelasnya mengenai spesifikasi khusus rak gondola untuk supermarket maupun minimarket dapat diuraikan sbb:

Spesifikasi ideal untuk rak minimarket :

  • Rak minimarket idealnya berukuran antara (120cm x 90cm x 35cm) hingga (200cm x 90cm x 40cm) dengan lebar papan shelving 30-40cm
  • ketebalan plat papan selving berkisar antara 0,5mm – 0,6mm.
  • Ketebalan plat tiang penyangga berkisar antara 1,5mm – 1,7mm
  • Ketebalan plat braket penyangga papan shelving antara 1,8mm – 2mm,

Dengan ketebalan ini rak gondola minimarket mampu menahan berat barang sebesar 30kg – 65kg / papan selving

Spesifikasi ideal untuk rak supermarket :

  • Rak supermarket memiliki ukuran (180cm x 100cm x 45cm) hingga (220cm x 130cm x 50cm) dengan lebar papan shelving hingga 50cm
  • Rak supermarket dilengkapi dengan penutup base leg, Back plain panel, dan top cover untuk papan promosi
  • Ketebalan plat papan selving berkisar antara 0,8mm – 1mm.
  • Ketebalan plat tiang penyangga berkisar antara 1,7mm – 2mm
  • Ketebalan plat braket penyangga papan shelving antara 2mm – 2,6mm.

Dengan ketebalan ini rak gondola mampu menahan berat barang hingga 120kg / papan shelving