Tips & Strategi High Volume Fulfillment  (pesanan membludak)

Fulfillment dalam konteks penjualan adalah pemenuhan pesanan konsumen. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam proses FullFilment adalah : menerima pesanan dari konsumen, mengelola transaksi, sebagai komunikasi dengan konsumen untuk memberikan informasi status pesanan serta dukungan teknis.

High Volume Fulfillment diartikan sebagai bagaimana kita sebagai penjual memenuhi pesanan konsumen yang membludak. Fulfillment high volume adalah metode menangani pesanan dan mengirimkan produk yang telah banyak diadopsi akhir-akhir ini, tergantung pada produk yang mereka tangani.

Baik itu untuk kotak berlangganan (seperti pembeli yang selalu menginginkan pisau cukur baru setiap bulan), gudang dengan beragam produk, atau hanya barang populer yang keluar dalam volume tinggi, dan strategi fulfillment (pemenuhan pesanan) harus diubah ketika volume pesanan (dan / atau item per pesanan) meningkat.

Sebelum memutuskan untuk meningkatkan operasi di gudang Anda, lihat tips fulfillment (pemenuhan pesanan) bervolume tinggi dan lihat apakah Anda dapat memenuhi permintaan:

 

Teliti setiap pesanan, Pastikan hadiah tidak tertinggal !

Ketika pesanan menjadi lebih besar dan lebih banyak produk mulai dikirim keluar, kontrol kualitas harus menjadi prioritas yang lebih besar daripada sebelumnya (dan kami yakin Anda sudah memprioritaskannya, kan?). Periksa dua kali dan tiga kali setiap kotak yang keluar untuk memastikan ketepatan pesanan yang sempurna, awasi baik barang-barang yang disertakan maupun ekstra yang dikirimkan seperti kupon, katalog produk, dan banyak lagi.

Di atas dan di luar keakuratan, presentasi adalah aspek yang semakin penting dari pengiriman volume tinggi juga. Tidak cukup hanya memiliki semua barang yang benar di sana lagi; barang harus dikirim dengan kemasan yang tidak rusak, diatur dengan cara yang menarik, dan dipasangkan dengan konten promosi yang relevan.

 

Pastikan Anda memiliki ruang untuk barang-barang Anda — atau berikan ruang jika Anda tidak memilikinya

High Volume Fulfillment, tidak mengherankan, akan membawa peningkatan jumlah barang yang perlu Anda simpan di gudang Anda. Ini dapat menyebabkan sejumlah masalah, tetapi tidak ada yang tidak dapat diselesaikan dengan sedikit kesabaran dan kreativitas. Anda akan ingin memulai dengan memastikan opsi penyimpanan Anda (rak gudang, rak palet, rak shelving dll) diatur dengan benar dan dengan cara yang masuk akal bagi karyawan Anda (dan cocok dengan barang yang Anda stok). Simpan seperti barang-barang yang dikelompokkan bersama, atur dan urutkan berdasarkan popularitas dan volume pesanan, dan pastikan semua karyawan Anda memahami metode organisasi Anda untuk membantu menjaga semua orang di halaman yang sama.

Bila perlu tambahkan rak penyimpanan / rak gudang yang kokoh dari Sentra Rak untuk memenuhi ruang penyimpanan pasokan membludak Anda.

Jika Anda merasa tidak dapat memenuhi pesanan yang membludak, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk meminta bantuan pihak luar dari vendor pihak ketiga (3P). Pertimbangkan untuk mendapatkan beberapa barang terlaris atau terendah Anda yang disimpan oleh penyedia penyimpanan luar yang dapat memenuhi sebagian pesanan Anda ketika lokasi utama Anda penuh.

 

Tentukan biaya sebisa mungkin

Metrik selalu penting untuk gudang, tetapi dua kali lipat untuk setiap gudang yang perlu berurusan dengan volume pesanan yang lebih tinggi. Khususnya dalam skenario high volume fulfillment, pastikan untuk secara hati-hati memeriksa dan menganalisis biaya pemenuhan per pesanan Anda dan nilai pesanan untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang barang apa yang dijual, mana yang fast moving daripada yang lain (dan kapan), dan berapa banyak biaya faktor pengiriman, tenaga kerja, dan sejenisnya. Ini akan membantu mencari tahu langkah selanjutnya dan melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk merampingkan operasi lebih lanjut.

 

 Berikan evaluasi dan bimbingan kontinyu kepada staf Anda

Komunikasi adalah kunci ketika datang ke fulfillment (pemenuhan pesanan) high volume, terutama untuk staf Anda sehingga mereka semua tahu apa yang perlu difokuskan. Tingkatkan frekuensi sesi pelatihan tentang metode pengambilan dan teknologi baru, tetapkan KPI (Key Performance Indicator) yang realistis untuk barang yang diambil dan pengiriman yang dilakukan, dan pertahankan angka-angka ini transparan sehingga semua orang tahu posisi dan standar kerja mereka.

 

Disadur dari https://shelving.com/warehouse-organization/3281/