5 Strategi Merchandising Ampuh untuk Rak Minimarket yang Lebih Mendorong Sales

Seperti yang pernah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, menata rak minimarket membutuhkan ilmu khusus. Ilmu dalam menata rak minimarket atau rak toko ini biasa disebut merchandising. Pernahkah Anda mempelajari ilmu merchandising?

Di artikel ini kita tidak akan membahas merchandising secara mendalam. Namun ada beberapa tips merchandising rak minimarket yang bisa Anda lakukan untuk mendorong penjualan minimarket Anda. Apa saja strategi tersebut?

Rak Minimarket Pendorong Traffic (Lalu Lintas Kunjungan)

Tujuan dari strategi mendorong traffic ini adalah untuk menarik perhatian pelanggan Anda ke lorong yang menjual kategori produk tertentu. Biasanya, strategi ini digunakan untuk produk yang sensitif terhadap harga, sering dibeli, dan tergolong barang kebutuhan rumah tangga yang dibeli secara periodik.

Sebagai contoh, salah satu cara untuk meningkatkan traffic adalah menempatkan produk dengan loyalitas konsumen tinggi di titik rak minimarket ‘hot-spot” seperti di dekat pintu masuk.  Atau, Anda bisa menempatkan produk promo sejajar dengan pintu masuk di mana area ini cenderung lebih terlihat dan dapat diakses. Cara ini efektif dalam menarik konsumen melalui toko Anda.

Jangan lupa, tempatkan barang pemikat Anda pada ‘Eye Level‘ atau sejajar dengan mata. Posisi ini dianggap sebagai posisi utama karena menghasilkan penjualan terbanyak.

 

Transaction Building / Mendorong Transaksi

Strategi ini berfokus pada peningkatan banyaknya transaksi yang dihasilkan konsumen dalam sekali kunjungan. Bagaimana caranya? Tentu dengan mendorong konsumen Anda untuk memborong produk di rak minimarket Anda. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana mendorong mereka untuk memborong belanjaan di minimarket Anda?

Salah satu strateginya adalah dengan mendorong penjualan produk pelengkap. Misalnya, jika konsumen berencana membeli roti, ia mungkin juga perlu membeli barang-barang pelengkap seperti selai, meses, gula, mentega, atau bahkan kopi dan teh. Dari sini, Anda perlu menganalisis barang-barang apa yang cocok disandingkan dengan barang tertentu sebagai pelengkap. Selanjutnya, letakkan barang pelengkap itu di rak minimarket yang tidak jauh dari barang utama. Bahkan lebih baik jika Anda menyajikan paket barang inti plus barang pelengkap dengan harga yang lebih murah.

 

Profit Generating / Rak Minimarket Penghasil Profit

Langkah pertama yang harus dilakukan pada strategi ini adalah, tentukan kategori barang apa yang paling menghasilkan keuntungan besar. Pertimbangkan tiga faktor penting terkait hal ini, yakni harga jual, persentase margin keuntungan, dan perputaran barang. Jadi, hitung keuntungan pada setiap kategori barang dengan menggunakan ketiga indikator tadi. Setelah mengetahui kategori dengan keuntungan tertinggi, Anda bisa menempatkannya di rak minimarket yang memiliki traffic tertinggi.

Sebagai contoh, di minimarket Anda terdapat 12 kategori produk. Lalu Anda menghitung setiap kategori tersebut berdasarkan harga jual, persentase margin keuntungan, dan perputaran barang. Ternyata Anda menemukan bahwa kategori minuman kemasan menghasilkan keuntungan yang tertinggi. Maka kesimpulannya, letakkan rak minuman kemasan di titik yang menghasilkan traffic tertinggi.

 

Mempertahankan Pangsa Pasar

Strategi ini adalah mempertahankan dan melindungi pangsa pasar sebuah kategori barang terhadap pesaing yang dikenal. Strategi pertahanan biasanya terdiri dari strategi penetapan harga dan promosi yang agresif dan memastikan kategori ini diposisikan dan diperjualbelikan secara optimal.

 

‘Excitement Generating‘ atau Rak Minimarket Penghasil Rasa Senang

Strategi ini digunakan untuk menciptakan rasa senang konsumen ketika berbelanja di minimarket kita. Cara ini  dilakukan dengan mengkomunikasikan rasa urgensi atau peluang kepada konsumen melalui penawaran produk atau promosi yang modis dan inovatif.

Untuk menghasilkan rasa senang ini, rak minimarket Anda harus menyediakan barang yang tergolong item musiman, New Arrival, item spesial, edisi terbatas, barang ‘hits’, dan item yang mendorong pembelian impulsif.

Itulah 5 strategi merchandising yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin mulai sadar bahwa menata rak minimarket bukan hanya sekadar membutuhkan kerapian susunan semata. Ada banyak strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan minimarket Anda.