Tingkatkan Omset Minimarket dengan Rak End Cap

End Cap adalah bagian rak yang telah terbukti meningkatkan penjualan ritel dan profit. Memajang brang dagangan di ujung rak penutup adalah pilihan cerdas dan menguntungkan untuk menampilkan produk untuk toko grosir dan pengecer lainnya. Faktanya, penelitian berulang kali menunjukkan bahwa display di rak end cap akan lebih laris dari pada tampilan di lorong dari sebuah produk yang sama.

Tampilan end cap/ tutup ujung rak yang mudah diakses menjadikan alasan utama mengapa bagian rak ini dapat meningkatkan penjualan. Selain itu display produk juga sangat terlihat. Namun untuk memaksimalkan potensi dari rak end cap, Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk membuatnya lebih mencolok, dan meningkatkan omset.

  • Berikut tips agar display rak end cap Anda semakin ‘terlihat’ :
    1. Signage / Papan promosi harus besar dan tebal, terlihat jelas dari kejauhan.
    2. Bentuk harus tiga sisi, bersudut, atau melengkung, untuk memanfaatkan 180 ° garis pandang sepenuhnya.
    3. Gunakan warna tematik toko Anda atau buat dengan warna yang kontras tajam dengan berfokus pada warna khusus merek produk. Dengan barang-barang yang sangat mudah dikenali, kemasannya dapat menghasilkan visual yang jelas.
    4. Tempatkan barang yang lebih besar di bagian rak yang lebih rendah, untuk menarik  tampilan secara visual, dan menempatkan barang yang lebih kecil lebih dekat ke eye-level.
    5. Jangan hanya menganggap cahaya sekitar toko Anda sudah cukup. Penggunaan spot lampu yang kreatif dapat memberikan tampilan end cap tidak dapat dilewatkan begitu saja.

Apa yang harus ditampilkan?

Fokus pada barang-barang yang sudah ada dalam benak pelanggan, atau barang-barang yang dapat menimbulken efek impuls buying. Selain itu, pilih item dengan daya tarik luas, sehingga Anda tidak secara otomatis membatasi minat pembeli. Item dengan margin tinggi sangat baik, karena mereka akan bergerak lebih cepat (produk fast moving), menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

End Cap yang dirancang dengan baik akan mendukung program promosi maupun iklan yang sedang berlangsung, di mana pembeli dapat dengan mudah menemukan dan meraihnya dengan cepat. Tampilan yang menyertakan beberapa produk pelengkap disebelah brand leader bisa sangat sukses karena mereka mendorong pembeli untuk membeli banyak barang.