Tips Cara Menjalin Kerja Sama Dengan Distributor Makanan

Bagaimana Bekerja Sama dengan Distributor Makanan

Sebagai pelaku bisnis makanan, membuat produk terbaik adalah yang terpenting bagi Anda. Dari mencari bahan yang tepat hingga menemukan produsen yang tepat, ada banyak tahapan penting hingga meluncurkan produk makanan.

Langkah besar untuk memasarkan produk Anda tidak dapat terjadi tanpa distributor makanan. Dengan distributor yang bekerja dengan bisnis Anda dalam peluang transportasi, grosir, dan eceran, Anda dapat yakin bahwa distributor akan membawa produk Anda ke pasar. Jika Anda belum pernah bekerja dengan distributor makanan, berikut beberapa tips tentang cara menjalin hubungan kerja yang baik.

#1. Bersikaplah Transparan tentang Biaya

Apa pun produk makanan Anda, Anda harus memperhitungkan biayanya sebelum membawanya ke distributor. Setelah Anda bertemu dengan mereka, mereka akan menanyakan detail tentang produk Anda, seperti masa simpannya, bahan-bahannya, apakah itu organik, dan lain-lain. Mereka juga akan menanyakan biaya dan faktor harga yang Anda perlukan untuk membayar distributor untuk layanan mereka.

Menggunakan jasa distributor mungkin mengharuskan Anda untuk menaikkan harga produk Anda atau mengubah cara produksinya, jadi Anda perlu menilai apakah ini akan menjadi langkah yang baik untuk perusahaan Anda atau tidak. Jika produk Anda sekarang masing-masing dijual seharga $ 10, tetapi biaya distribusi memaksa Anda untuk menaikkannya menjadi $ 17, penting untuk memahami bagaimana hal ini akan memengaruhi penjualan Anda dan apakah pelanggan Anda akan tetap setia mengikuti perubahan ini.

#2. Buatlah Sasaran Pasar yang Jelas

Sebenarnya ada banyak jenis distributor, jadi penting untuk memastikan Anda bekerja dengan yang tepat. Contohnya adalah distributor garis besar, yang membawa ribuan produk makanan yang dapat disimpan di rak dan mengirimkannya ke supermarket dan ritel besar. Ada juga distributor khusus yang hanya melayani kategori makanan yang lebih kecil dan menyediakan untuk ceruk pasar tertentu.

Pertimbangkan jangkauan yang Anda inginkan dari produk Anda. Memulai dari yang kecil tetapi berkelanjutan adalah langkah bagus untuk diambil, karena Anda dapat menilai kebutuhan produksi.

#3. Transportasi dan Pergudangan

Aspek lain dari distribusi produk makanan Anda adalah bagaimana produk itu akan diangkut dan di mana produk itu dapat disimpan. Sebagian besar distributor akan memiliki gudang dengan rak gudang terstandar dan layanan transportasi sendiri, tetapi mereka perlu mengetahui umur simpan produk Anda.

Banyak distributor besar mengoperasikan gudang mereka sendiri. Beberapa distributor yang lebih kecil dan lebih terspesialisasi mungkin sama sekali tidak melakukan pergudangan, mengangkut produk segar dalam kendaraan berpendingin langsung dari produsen ke konsumen. Merupakan hal yang umum juga bagi distributor skala lokal kecil untuk mengadakan pengiriman LTL yang memungkinkan ada banyak pengiriman terpisah yang diangkut dengan satu truk dari distributor yang lebih besar, menggunakan metode seperti cross-docking untuk mengirimkan pengiriman produk yang lebih kecil ke konsumen

Sumber : How to Work with a Food Distributor, by Bernard Verkaaik



Isi Nama, Email, dan No. HP Aktif Anda dan kami pastikan Anda akan Chat langsung ke marketing kami dengan pelayanan terbaik.