Tips Membangun Loyalitas Konsumen

Pelanggan dengan loyalitas tinggi tidak segan-segan untuk melihat update barang di rak-rak minimarket di seluruh toko anda. Loyalitas pelanggan terhadap merek tertentu memberikan timbal balik pada produk-produk yang dipajang “paling atas/terdepan” di rak toko/minimarket anda. Inilah bukti bahwa pelanggan dengan tingkat loyalitas tinggi sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis minimarket anda. Bahkan mereka antusias untuk  menyampaikan informasi tentang keunggulan toko anda kepada orang lain. Tanpa disadari, mereka telah menjadi agen marketing anda. Oleh karena itu, pelanggan setia dengan loyalitas tinggi merupakan aset terbesar yang perlu anda pertahankan dan perlu mendapatkan prioritas yang lebih besar  dibandingkan dengan mencari pelanggan baru.

Beberapa manfaat dari loyalitas tinggi dari pelanggan anda antara lain sebagai berikut,

  • Marketing efficiency, upaya mendapatkan pelanggan baru lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan saat ini
  • Sales Improvement, loyalitas yang kuat terhadap toko/minimarket anda otomatis akan meningkatkan ikuitas toko / minimarket anda sehingga menjadi pilihan utama saat mereka berbelanja.
  • Attracting new consumer, “telling a friend” dari pelanggan setia kita akan mendapatkan manfaat untuk mendapatkan konsumen baru.
  • Early response in facing competition, lebih sulit bagi pesaing untuk menyusup ke pasar dengan loyalis

Bagaimanakah cara mempunyai pelanggan dengan loyalitas tinggi ??

Beberapa tips berikut layak kita untuk kita coba jalankan di toko minimarket kita untuk membangun loyalitas konsumen

  • Menjaga pelanggan saat ini,

Menjaga pelanggan yang kita miliki lebih efisien daripada berpayah-payah mempromosikan untuk memikat yang baru. Pelanggan baru biasanya lebih bersifat switcher dari pelanggan lama. Perlu diingat bahwa pelanggan tetap kita saat ini adalah “tulang punggung” kita, itulah sebabnya harus kita jaga secara intensif.

  • Membangun database pelanggan,

Mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan informasi yang relevan tentnag pelanggan kita yang berkelanjutan. Dari database tersebut kita bisa belajar lebih banyak tentang pelanggan, misalnya tentang demografis dan gografis

  • Meningkatkan ketertarikan pelanggan,

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan membuat klub, penjualan dengan point, keanggotaan, member-get-member, dan lain-lain

  • Berkomunikasi langsung dengan pelanggan,

Berkomunikasi langsung dengan pelanggan secra langsung sama halnya dengan berbicara dengan “teman” yang bertujuan untuk selalu mengingatkan mereka pada kita, kemudian kita mendapatkan manfaat antara lain : meningkatkan penjualan, pelanggan baru, dan loyalitas. Hal ini dapat dilakukan dengan surat pos, e-mail secara personal tentang info produk, promo diskon, event. Database pelanggan yang kita miliki akan sangat membantu.

  • Melakukan kegiatan untuk pelanggan tetap,

Cobalah break-out model instore promo dengan sesuatu yang berbeda. Tergetnya untuk menggugah loyalitas pelanggan tetap. Bayangkan ada pengumuman “Mini Mart bangga mengundang hanya pelanggan setia utnuk menghadiri pertemuan penggemar KD, silahkan menunggu tim kami menghubungi Anda!”

Beberapa langkah diatas merupakan contoh langkah yang dapat anda lakukan untuk menjaga pelanggan dengan loyalitas tinggi. Namun perlu juga anda ingat bahwa mendapatkan pelanggan dengan loyalitas tinggi adalah dengan menjaga kepuasan pelanggan di setiap kunjungan mereka. Salam sukses!!