Tips Merawat Rak Toko Kayu

Merawat rak toko kayu umumnya lebih sulit dibanding rak toko yang terbuat dari aluminium atau besi. Pasalnya, bahan kayu termasuk rentan mengalami perubahan, entah perubahan dari segi warna dan tekstur ataupun dari segi kekuatan. Salah melakukan perawatan bisa memperpendek umur rak toko Anda.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana merawat rak toko yang terbuat dari kayu,  ada baiknya Anda membaca tips yang dirangkum Sentrarak berikut ini.

Singkirkan Debu Secara Rutin

Perhatikan rak toko kayu milik Anda setiap hari. Jangan diamkan ketika rak sudah berdebu terlalu lama. Sebab debu bisa menyebabkan kayu mudah keropos bila tidak pernah dibersihkan. Untuk menjaga ketahanannya, ada baiknya Anda menjadwalkan pegawai Anda untuk membersihkanrak toko minimal 3 hari sekali. Bersihkan rak toko kayu menggunakan kain yang lembut. Hindari penggunaan lap berbahan silikon karena bisa menyebabkan kayu lecet dan rusak.

Perhatikan Tata Letak

Salah satu faktor yang bisa memperpendek umur kayu adalah paparan sinar matahari. Jenis kayu tertentu dapat mengering dan menyusut bila terus menerus terpapar sinar matahari sehingga berpotensi membuat kayu menjadi retak. Minimal, rak toko kayu berubah menjadi kusam.  Perhatikan tata letak rak toko kayu Anda agar jangan sampai kayu terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.

Selain itu, jauhkan dari udara lembap karena bisa menyebabkan rak diserang oleh jamur dan serangga yang tentunya bisa merusak kayu.

Terkena Bercak? Mayonnaise Bisa Jadi Solusi

Pada display makanan dan minuman sering dijumpai tumpahan-tumpahan cairan pada permukaan rak kayu yang biasanya berbentuk seperti jejak lingkaran. Kelihatannya memang sulit untuk membersihkan jejak tersebut bila hanya menggunakan kain pembersih. Bila Anda ingin coba, manfaatkan mayonnaise untuk menghilangkannya. Cukup letakkan mayonnaise di atas bercak, kemudian bersihkan dengan kain yang lembut.

Bersihkan Retakan Kayu dengan Semir

Semir sepatu bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan retak-retak pada rak kayu yang sudah lama. Caranya gampang, pilih semir dengan warna yang sama seperti permukaan rak toko kayu Anda. Oleskan ke kain bersih, lalu usap retakan rak secara merata sebagaimana Anda menyemir sepatu Anda.

Jangan Gunakan Air Terlalu Banyak

Hindari mencuci rak toko dari kayu di dalam air. Juga jangan pula mengguyurnya dengan air karena bisa merusak permukaan rak. Sebaiknya siapkan air hangat dan spons, berikan sedikit sabun ke dalam air. Usap perlahan dengan spons. Jika ada bagian yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi lembut. Setelah itu, akhiri dengan mengambil kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaannya secara keseluruhan.

Bagaimana, mudah kan cara merawat rak toko kayu agar tetap awet dan mengkilap seperti yang dijabarkan di atas? Semoga bermanfaat ya tips dari Sentrarak kali ini! Selamat mencoba.