Tren Minimarket 2019

Persaingan Minimarket di Era Modern

Konsep minimarket saat ini dituntut untuk bersaing secara ketat, melihat  bahwa semakin banyaknya konsep toko dan minimarket modern muncul setelah kesuksesan Indomaret dan Alfamart yang mampu merajai usaha minimarket  / toko modern di Indonesia. Dari tahun ke tahun persaingan dirasakan semakin ketat. Dengan kondisi ini pengusaha ritel dituntut untuk hadir lebih eksklusif dengan cara kerja cepat, desain interior yang modern dan elegan, serta kreatif dan inovatif pada produk yang dijual.

 

Saat ini tidak hanya para pengusaha perseorangan, namun beberapa brand supermarket skala nasional maupun internasional ternama telah melebarkan sayap mereka untuk merambah bisnis skala minimarket dengan konsep mini store dan café yang mengusung kemewahan supermarket mereka, yang tidak hanya menyediakan kebutuhan sehari-hari di rak supermarketnya, tetapi juga menyediakan makanan dan minuman cepat saji dan fresh dalam rak-rak mereka.

Tren Minimarket 2019?

Berkaca pada konsep brand supermarket yang memiliki desain dan konsep pemasaran yang ‘sempurna’, maka usaha mimarket dan toko modern harus pula hadir dengan diferensiasi, hadir dengan lebih ‘berbeda’ dan tampak lebih ‘menawan’.

Berikut Tren Minimarket 2019

1. Design interior eksterior toko yang modern dan eksklusif

Minimarket akan mampu berkembang dengan baik asalkan membuat konsep tokonya hadir dengan interior dan eksterior yang modern. Selayaknya supermarket yang menggunakan desain rak minimarket / rak supermarket eksklusif.

 

 

 

 

2. Varian lengkap produk kebutuhan sehari-hari dengan adanya produk unggulan

Tersedianya produk kebutuhan sehari-hari di rak minimarket merupakan keharusan bagi minimarket. Namun tak hanya berhenti sampai disitu, untuk dapat bersaing ditahun 2019 maka minimarket harus pula punya produk unggulan yang mampu lebih menarik konsumen.

 

 

 

3. Terdapat fasilitas hang-out yang disiapkan bagi pelanggan

Minimarket saat ini tidak hanya menjadi tempat berbelanja saja, tetapi telah beralih fungsi menjadi rest area dan tempat hang-out yang strategis. Tentu peluang ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Minimarket modern telah mengadopsi konsep café dan gerai makanan cepat saji dengan tersedianya tempat duduk dan meja yang nyaman untuk para pelanggan mereka.

 

 

4. Adanya produk makanan dan minuman cepat saji

Dengan beralih fungsinya minimarket menjadi area hang-out dan rest area yang strategis, maka konsep minimarket 2019 telah dilengkapi dengan produk makanan khas café yang praktis dan tersedianya minuman hangat maupun dingin.

 

 

 

5. Konsep pelayanan yang excelent

Masyarakat modern menjadikan waktu mereka adalah segalanya, sehingga mereka tidak akan mau berlama-lama dalam hal pelayanan. Pelanggan akan memilih toko, minimarket, maupun gerai yang memberikan pelayanan terbaik mereka. Pelayanan excelent tidak hanya ramah terhadap pelanggan, tetapi juga cepat, praktis, dan modern. Pelayanan yang excelent dapat didukung dengan desain penataan barang, area checkout (kasir) yang optimal, serta pelayanan oleh karyawan yang profesional.