Tren Ritel Supermarket (1)

Tren Supermarket dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang terus berubah, menjadikan tantangan bagi pengusaha ritel supermarket untuk berinovasi guna memenuhi keinginan konsumen

Perilaku konsumen memberikan tantangan bagi ritel untuk melakukan perubahan, dan bagaimana toko ritel mendapatkan solusinya? Mari kita simak artikel berikut ini

Apa yang akan saya sajikan kepada Anda semua adalah tren dalam ruang ritel supermarket yang telah dipengaruhi oleh perilaku konsumen dan solusi yang diterapkan pengecer untuk memanfaatkan tren ini.

Sebagai tanggapan terhadap perilaku konsumen, pengecer bahan makanan telah mengembangkan toko eceran mereka dari dulu menjadi sebuah gerai toko yang steril. Namun kebutuhan konsumen mengubah toko mereka menjadi toko supermarket yang penuh warna.

Supermarket menjadi sangat berbeda dari beberapa tahun lalu. Keinginan untuk menjadi tujuan pilihan dalam peningkatan persaingan ritel makanan mendorong format lifestyle supermarket. Aneka produk organik dan produk natural memenuhi semua ruang rak supermarket. Salah satu alasan konsumen berbelanja di supermarket adalah paparan jenis makanan internasional mendorong mereka mencari berbagai bahan akan produk di ritel.

Gaya hidup konsumen telah berubah. Mereka menginginkan makanan yang lebih sehat dan lebih segar, pengecer bahan makanan mulai memenuhi kebutuhan mereka di ruang ritel supermarket dengan menawarkan pilihan dan produk organik, alami, dan berbagai produk khusus internasional.

Dengan perubahan perilaku konsumen ini, konsumen kini mulai mendorong tren ritel supermarket. Di sini kita melihat lima tren makro dalam ritel supermarket, dan sub tren yang termasuk di dalamnya.

Perilaku konsumen yang mendorong perubahan ritel & supermarket

#1. KENYAMANAN

Tren pertama dan utama yang diidentifikasi adalah kenyamanan. Terdapat lima sub-tren dalam pembahasan ini.

a.      Konsumen mencari alternatif ready to eat

Perilaku konsumen yang terlalu sibuk, menjadikan mereka mencari makanan siap saji dan mengurangi memasak.

Tantangan bagi ritel supermarket adalah bagaimana menyediakan kemudahan olahan bahan makanan bersaing dengan takeout order dan restoran

Solusi yang ritel lakukan salah satunya adalah menyediakan makanan ready to eat & makanan pendamping untuk mengakomodasi gaya hidup. Karena kehidupan pribadi dan profesional orang masa kini menjadi semakin sibuk, mereka mulai mengharapkan pilihan makanan siap saji atau makanan ready to eat dari ritel supermarket bahan makanan untuk mengakomodasi gaya hidup mereka.

b.      Konsumen menginginkan jalan pintas – ritel memberikan solusi

Perilaku konsumen dengan kurangnya waktu untuk perencanaan makan, dan bosan dengan makanan cepat saji yang biasanya.

Tantangan konsumen bagi ritel adalah menemukan ide makanan baru, mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk resep tertentu.

Solusi yang dapat ditawarkan oleh ritel diantaranya menampilkan promosi multi-kategori. Produk digabungkan menjadi satu dan ditawarkan dengan harga diskon saat membeli beberapa produk. Konsumen yang mencari produk yang memenuhi solusi spesifik menginginkan toko ritel yang memungkinkan mereka menemukan semua yang mereka butuhkan dengan cepat.

c.       Konsumen menginginkan “home made” dengan cara baru

Perilaku konsumen modern ingin mengontrol apa yang keluarga makan, tapi mereka cenderung tidak punya banyak waktu dan tidak punya banyak kemampuan mengolah berbagai resep dan cara membuat beraneka ragam makanan

Tantangan bagi ritel supermarket adalah bagaimana membuat jalan pintas untuk menyiapkan bahan makanan yang segar, mudah, dan menyediakan berbagai alternatif menu yang dapat dimasak di rumah.

Solusi yang dapat ritel tawarkan adalah mengemas segala bahan untuk resep tertentu, yang memungkinkan pelanggan membuat hingga 12 makanan untuk digunakan dalam beberapa hari atau dibawa pulang untuk dibekukan.

d.      Konsumen menginginkan pengalaman berbelanja yang efisien

Perilaku konsumen dengan keterbatasan waktu, namun punya keinginan dan pengalaman lebih untuk kegiatan berbelanja mereka

Tantangan ini ada bagaimana membuat sebuah interaksi dengan konsumen dan menyediakan pengalaman berbelanja yang lebih baik

Solusi yang dilakukan oleh supermarket dengan membuat berbagai program secara berkala, membuat berbelanja lebih mudah dengan digital promotion, digital store, Digital Price Tag, dan juga smart trolley untuk pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Melihat di luar pemasaran dalam toko tradisional, pengecer melihat ke teknologi baru untuk berinteraksi dan memberikan pengalaman belanja yang lebih baik untuk pelanggan yang memiliki waktu terbatas. Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) melacak pergerakan pelanggan di sekitar toko untuk menunjukkan iklan dan informasi berguna lainnya

e.      Konsumen kekurangan waktu isi ulang untuk perjalanan singkat

Waktu konsumen yang terbatas untuk berlama-lama di sebuah toko supermarket dan menjelajahi seluruh lorong rak gondola yang tersedia merupakan hal yang semakin dihindari oleh konsumen modern. Mereka menginginkan pengambilan barang yang lebih cepat untuk berbagai kebutuhan pokok mereka.

Tantangan bagi ritel yaitu bersaing dengan toko serba ada yang lebih dekat, dan bagaimana membuat konsumen mendpatkan barang pokok dengan lebih cepat.

Solusi yang ritel lakukan adalah mendisplay barang-barang penting yang biasanya ditemukan di bagian belakang toko di bagian depan ritel, sebagai contoh membuat display beras dan minyak goreng di area depan.

Konsumen yang tidak memiliki banyak waktu dan tidak dapat melakukan belanja besar-besaran. Mereka sering kali belanja hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Ini menciptakan tantangan bagi ritel supermarket karena mereka telah bersaing dengan toko kelontong toko serba ada. Solusi ritel telah menawarkan barang belanjaan yang biasanya ditemukan di rak supermarket bagian belakang toko, dan menempatkannya di area depan.

#2. VARIASI

Tren makro kedua adalan variasi yang diinginkan oleh konsumen.  ..Selanjutnya



Isi Nama, Email, dan No. HP Aktif Anda dan kami pastikan Anda akan Chat langsung ke marketing kami dengan pelayanan terbaik.