Tren Teknologi Digital 2019 yang Akan Meningkatkan Usaha Toko

Bisnis ritel termasuk usaha toko tak lepas dari perkembangan teknologi dan tren yang berkembang untuk terus dapat eksis dan mendapat banyak pelanggan. Tren seperti apakah yang mendominasi teknologi digital marketing pada bisnis toko ritel? mari kita simak uraian berikut!

Toko Tanpa kasir

Toko tanpa kasir kini sedang marak dibuka oleh perusahaan e-commers yang tentunya diaplikasikan dengan teknologi tinggi. mulai dari pemindaian akun pembeli yang masuk ke toko, hingga semua barang yang dijual telah dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID), sehingga perusahaan akan mengetahui barang apa saja diambil dan bawa keluar toko. Kemudian pembayaran akan langsung terhubung ke akun pembayaran pembeli secara online. Menarik ya!

Jual beli apa saja melalui media sosial

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, jual beli online di media sosial akan menjadi pilihan banyak orang. Beberapa platform-nya antara lain Instagram, Facebook, dan Whatsapp Business. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga akan semakin merambah media sosial untuk meningkatkan pemasarannya.
Namun saat ini banyak pula penjual online yang kembali membuka toko ofline untuk menguatkan posisi mereka dan memuaskan pelanggan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan secara langsung.
Tren ini menguat karena konsumen ingin melihat langsung barang yang telah mereka jelajahi di internet maupun toko online. Mereka lebih puas ketika dapat melihat dan memegang barang yang telah menjadi pilihan mereka dari banyak pilihan yang disajikan online.

Bermitra dengan e-commerce

Hingga akhir 2018 perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia naik 114% dari tahun 2017 lalu. Bahkan diperkirakan akan terus melonjak hingga 2019. Hingga saat ini, top pencarian di google didominasi oleh e-commers.

Video akan semakin penting

Setiap orang pasti menginginkan konten yang informatif. Tetapi, konten yang informatif saja tak cukup. Harus “dibungkus” dengan hal yang menarik agar tidak monoton. Tren yang berkembang saat ini, video lebih menarik calon konsumen daripada konten lainnya.

Halaman Linkedin Business menjadi pilihan

Seiring 2019 berjalan, halaman Linkedin Business akan menjadi lebih penting dalam berbagai sektor. Terlebih lagi bagi para pebisnis. Dengan beberapa keunggulan yang dimilikinya, para pebisnis bisa memperluas jaringan untuk kolaborasi dan memasarkan produknya.

Tidak hanya pebisnis, setiap orang dapat terkoneksi dengan orang lain secara profesional.