Trik Menata Layout Rak Toko Terbaik di Ruangan yang Terbatas

Layout merupakan elemen penting dalam proses perencanaan rak toko retail. Dalam beberapa kasus, penataan rak toko justru mendorong konsumen untuk berkunjung dan menikmati suasana berbelanja di dalamnya. Apalagi di tengah persaingan toko konvensional dan toko online saat ini, sangat penting bagi para pelaku usaha toko retail untuk memperhatikan penataan rak toko mereka.

Dalam proses penataan rak toko, selalu ada saja kendala yang harus dihadapi. Entah dalam memilih suasana, material rak, atau yang paling sering adalah masalah space atau ruang. Ya, beberapa toko kecil selalu memiliki masalah yang sama, yakni kesulitan mengatur tata letak di ruangan yang terbatas. Bagaimana menyiasatinya?

1. Buat zonasi, lalu ciptakan ‘komunikasi’ di tiap zona

Jika Anda ingin membuat susunan Rak Toko Anda tidak terlihat monoton di dalam ruangan sempit, Anda bisa menetapkan “Point of Communication” di setiap titik. Bagi toko Anda ke dalam beberapa zona, misalnya Zona Luar, Rak Toko Stand Out, Rak Toko Standar atau Merchandise, Ruang Ganti (jika memungkinkan), Zona Point of Sale, dan lain-lain sesuai karakteristik toko Anda. Setelah Anda membuat zona tersebut, berjalanlah menelusuri tiap zona seolah-olah Anda pengunjung. Di situ Anda akan mengenali karakteristik toko Anda.

Selanjutnya tetapkan ‘Point of Message’ di setiap titik zona rak yang ditelusuri. Cobalah untuk berangkat dari pertanyaaan seperti; apa yang ingin Anda sampaikan dengan jendela toko Anda? Bagaimana dengan desain toko Anda? Bagaimana Rak Toko Anda bisa membangkitkan minat beli? dan lain-lain.

2. Jaga Kebersihan

Semua toko tentu harus memerhatikan kebersihan. Namun khusus toko dengan space terbatas, kebersihan harus menjadi perhatian ekstra karena konsumen akan memiliki daya jangkau yang lebih detail dalam memerhatikan Physical Appearance sekelilingnya. Perhatikan setiap sudut rak toko Anda, termasuk bagian terkecil sekalipun. Juga jangan lupakan bagian depan toko karena dalam sebuah penelitian, 52% konsumen menghindari sebuah toko yang bagian depannya terlihat kotor.

3. Buat Sebuah Dinding Aksen

Dinding aksen atau Accent Wall merupakan satu sisi dalam ruangan di mana ia memiliki warna yang berbeda dengan dinding lainnya. Anda disarankan untuk membuat dinding aksen dengan warna bold atau tegas. Libby Langdon, seorang Desainer Interior Amerika Serikat mengatakan, dinding dengan warna bold akan menciptakan ilusi seolah-olah terlihat lebih besar. Dinding ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai rak toko custom yang cantik. Cukup dengan menambahkan hambalan kayu, Anda bisa menaruh barang di sana. Namu sebaiknya jangan sampai rak buatan Anda menutupi tembok secara total.

Silakan mulai Googling untuk mencari inspirasi warna bold yang sesuai dengan branding toko Anda. Selain itu Anda juga bisa meletakkan lukisan-lukisan atau hiasan dinding yang membantu mempercantik toko.

4. “Think Vertically

Jika tidak cukup ruangan untuk menata barang secara horizontal, mengapa tidak mencoba memaksimalkan ruang vertikal? Bahkan menurut seorang konsultan perencanaan toko, menampilkan item produk pada susunan vertikal akan menghasilkan efek visual lebih menarik. Rak gantung bertingkat adalah cara termudah untuk mencapai efek visual ini.

5. Mainkan Pencahayaan

Pencahayaan merupakan elemen penting di setiap toko, tetapi menjadi lebih penting di tempat yang sempit. Jika sudut toko Anda tidak menyala dengan baik, maka bisa jadi toko Anda akan terasa sumpek. Ini mungkin tidak langsung berhubungan dengan rak toko, namun tidak menutup kemungkinan untuk dipasang di sana. Anda direkomendasikan menggunakan kombinasi lampu track, lampu, sconce, dan lampu gambar. Kombinasi ini tidak hanya akan memastikan seluruh ruang Anda menyala dengan baik, tetapi juga akan menambah ketertarikan dan variasi suasana. Cocok untuk membuat pengunjung lebih betah.