Warna Rak Toko dan Pengaruhnya pada Psikologi Pengunjung

Ketika seseorang membuka toko, maka hal mendasar yang harus dipenuhi adalah bagaimana membuat rak toko menyediakan barang secara lengkap dan membuat pengunjung nyaman berbelanja. Apakah cukup dengan ini saja? Ternyata tidak, pesaing Anda mungkin melakukan strategi tertentu yang selangkah lebih maju dari Anda. Namun jangan khawatir, Anda juga bisa melakukan strategi jitu untuk membuat toko Anda tak kalah bersaing dengan ‘toko sebelah’. Caranya adalah dengan menentukan setting warna rak toko yang tepat.

Percaya atau tidak, warna bisa memengaruhi psikologi seseorang. Ada banyak penelitian tentang warna yang dapat membantu Anda ‘menyetir’ psikologi pengunjung. Panduan pemula ini menginspirasi Anda untuk menentukan warna toko secara lebih cermat.

Merah

Merah menciptakan perasaan urgensi atau mendesak dan meningkatkan nafsu makan. Warna merah pada rak toko akan membantu mendesak pengunjung untuk secepatnya mengambil keputusan pembelian. Biasanya, warna merah sering digunakan pada rak toko berisi barang promo dan cuci gudang. Warna merah juga dapat digunakan untuk meningkatkan pembelian impulsif, terutama untuk makanan. Dengan warna ini diharapkan pengunjung tidak lagi berpikir dua kali untuk memasukkan barang Anda ke dalam keranjang belanja mereka.

Hijau

Dari semua warna, makna hijau telah banyak berubah dalam beberapa dekade terakhir. Hijau selalu menjadi warna santai yang meningkatkan rasa betah. Tetapi sekarang kesadaran psikologis akan warna ini telah bergeser. Warna hijau sering diasosiasikan pada sifat peduli lingkungan dan kesehatan. Pada akhirnya warna ini menjadi alat branding pada produk-produk kesehatan dan ramah lingkungan. Karenanya, sebaiknya gunakan warna hijau untuk menekankan branding pada kedua jenis produk ini di rak toko Anda.

Biru

Biru adalah warna yang paling populer sehingga menjadi pilihan yang bagus untuk membuat orang merasa nyaman di toko Anda. Mungkin alasan ini yang membuat salah satu minimarket besar menggunakan warna biru. Sebelum memilih, perhatikan kecerahan warna karena perbedaan kecerahan juga menentukan efek psikologis yang berbeda. Kemudian, tidak ada salahnya Anda mengombinasikannya dengan warna lain. Biru cerah dapat digunakan untuk meningkatkan pembelian impuls, terutama ketika dikombinasikan dengan warna merah dan kuning.

Kuning

Warna kuning memiliki karakter Stand-out alias selalu tampil paling menonjol dan menarik perhatian. Bagi kami, kuning juga termasuk salah satu warna yang mendorong pembelian impulsif nomor dua setelah merah. Dengan karakternya ini, warna kuning cocok Anda letakkan di rak toko yang berisi produk baru, atau mainan anak. Anda juga bisa menggunakannya di papan nama dan jendela bagian luar agar menarik pengunjung.

Jingga atau Orange

Jingga atau orange sering dilihat sebagai sesuatu yang unik dan menarik. Warna ini memberi energi dan mendorong orang untuk makan dan bergerak dengan cepat. Ini adalah warna yang bagus untuk digunakan pada area foodcourt yang memaksa konsumen untuk makan dengan cepat.

Ungu

Warna ini digunakan untuk karakter royal dan kaya. Jika Anda mencoba menunjukkan kemapanan dan keanggunan, ungu adalah warna yang bisa Anda gunakan. Selain itu untuk menciptakan aura keanggunan feminin dan kemewahan dalam berbelanja, warna inilah yang terbaik bagi Anda. Gabungkan ungu dengan hitam untuk meningkatkan energi, atau dengan warna gold untuk menunjukkan kemewahan..

Itulah tadi beberapa efek psikologis pada warna dan penerapannya yang cocok pada rak toko Anda. Tentunya, ini hanya mengacu pada penelitian psikologi warna yang masih dasar. Yang paling penting adalah bahwa semua warna pilihan Anda menarik secara visual dan bekerja sama dengan baik. Bagaimana? Sudah mendapat inspirasi warna untuk rak toko Anda?

[Baca Juga : Penggunaan Warna untuk toko / minimarket]