10 Trik Jitu Menata Toko Kelontong yang Menguntungkan

8. Memberikan kartu loyalitas yang menawarkan diskon

Orang suka merasa diistimewakan, dan inilah kartu kesetiaannya. Hingga saat ini, banyak minimarket / supermarket / toko kelontong menawarkan keanggotaan dengan sejumlah uang tertentu, dan mereka dapat mengumpulkan poin yang dapat dgunakan. Dan juga, kita dapat menawarkan diskon eksklusif untuk pemegang kartu dan bahkan mungkin memiliki pilihan produk yang hanya dapat dipilih member, membuat mereka terlihat lebih istimewa. Selain itu, kartu pelanggan dapat digunakan sebagai pengikat untuk memastikan pelanggan akan kembali.

[BACA JUGA: TIPS MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN]

9. Menetapkan “biaya slotting” kepada suplayer

Miminarket / toko kelontong modern akan mematok standart harga tertentu untuk slot rak display pada posisi-posisi strategis. Jika supplayer ingin menempatkan produk mereka agar lebih terlihat dan display yang lebih efektif, maka mereka bersedia membayar lebih. Ini seperti membayar lebih mahal untuk melihat konser di tempat duduk VIP. Selain keuntungan dari penjualan barang, minimarket / toko kelontong juga mendapat keuntungan dari biaya slotting ini.

10. Penempatan barang yang digemari pada ‘eye level’

Ini adalah strategi lain dari penempatan barang di rak minimarket. Toko kelontong / minimarket akan menaruh barang-barang yang mereka rekomendasikan pada rak minimarket dengan level dimana mata kita tertuju saat berjalan. Seringkali kita menempatkan produk termurah / yang paling tidak menguntungkan berada di rak minimarket paling tinggi, yaitu rak di mana pelanggan mungkin tidak begitu mudah melihatnya. Dengan menempatkan barang berlaba tinggi pada level mata, maka semakin besar kemungkinan pembeli melihatnya dan membelinya.

[BACK]

 

Disadur dan diterjemahkan dari : Top 10 Tricks Used By Grocery Stores To Boost Their Profits By Selling You Junk.